Pernah merasa  terganggu dengan pori-pori besar di wajah anda? Tentunya sungguh tidak nyaman bukan? Pori-pori yang besar membuat kulit anda tampak tidak mulus, ditambah dengan minyak yang keluar dari pori-pori membuat kulit nampak kusam.

Beberapa dokter kosmetik dan produk kecantikan mengklaim bisa mengecilkan pori-pori. Namun, apa benar pori-pori yang ada di kulit anda bisa dikecilkan?

Sesuai Kebutuhan Kulit

Pori-pori yang kita miliki saat ini sudah diciptakan oleh sang pencipta sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dari kulit kita. Pori-pori yang besar biasanya banyak kita temukan pada jenis kulit yang cenderung berminyak karena pori-pori merupakan saluran keluarnya minyak tersebut.

Di dalam kulit kita terdapat kelenjar minyak yang tidak memiliki saluran langsung untuk keluar, sehingga keluar melalui saluran rambut yang kita kenal sebagai pori-pori. Mengapa orang yang jenis kulitnya berminyak memiliki pori-pori yang besar? Sebab untuk kulit berminyak memang dibutuhkan saluran yang besar untuk mengeluarkan minyak yang banyak tadi.

“Bisa kita bayangkan kalau minyaknya banyak tapi pori-porinya kecil? Bisa tertahan semua minyaknya dan malah jadi komedo,” kata dr. RR Sri Hartanti, dokter spesialis kulit.

Sarang Komedo

Komedo merupakan kotoran penyumbat pori yang bila dibiarkan dapat menyebabkan jerawat. Pori-pori yang besar tentunya mempermudah kotoran-kotoran masuk dan menumpuk.  Oleh sebab itu mereka yang pori-porinya besar harus lebih rajin untuk membersihkan kulitnya. Sehingga komedo yang bersarang di pori-pori tidak bertambah parah menjadi jerawat. Scrubing dan facial secara teratur dapat membentu anda untuk membersihkan wajah dari komedo nakal.

Pori Besar Bisa Diatasi

Oleh sebab itu, kita tidak perlu terlalu mengkhawatirkan pori-pori besar yang kita miliki. Yang perlu diperhatikan adalah pembersihan dan perawatan kulit yang intensif untuk membuat tampilan wajah tetap segar. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membersikah make up dan debu / kotoran menggunakan susu pembersih, dilanjutkan dengan sabun pembersih wajah, dan kemudian toner sebagai penyegar. Langkah ini dapat meringkas pori  dan menjaga kelembaban kulit. Dan yang terpenting gunakan produk pembersih dan perawatan kulit yang aman untuk kulit kita.

FacebookTwitterMore...